Minggu, 11 Mei 2008

4 hari untuk selamanya (repost fs)

liburan kemaren aku punya rencana untuk jalan-jalan..inilah sebagian kisah jalan-jalan tersebut.."tetep sehat tetep jalan-jalan dan tetep makan2"

4 tahun kuliah di bandung berat badan bertambah 10 kg tinggi badan bertambah 4cm
2 minggu dirumah+jalan2 berat badan bertambah 5 kg..(kok bisa ya??)

pemanasan jalan2

rencana pergi ke candi ratu boko..jalurnya -candi sambisari (berada di bawah tanah ) kata ahli sejarah tertimbun tanah letusan merapi..kata yg jaga candi sari mungkin itu memang sengaja di desain di bwah tanah.candi sambisari ini di bangun pada jaman rakai gerungan (CMIIW)

trus kemudian berlanjut ke candi kalasan..candi ini lebih besar dari candi sari..jika ada yang pernah ke candi jabung di probolinggo mungkin candi kalasan 2 kali lebih tinggi (4kali volume)

kemudian ke candi sari yang dahulu merupakan wisma bagi para pendeta

setelah candi sari kita pergi ke candi ratu boko...kita kecewa dengan tiket masuk yang 7000 ternyata candinya berserakan..komentar adikku (tumpukkan batu berserakan) banyak digunakan sebagai padang penggembalaan)..bekas pendopo nggak terlihat jelas..keputren sebagai kolam tak terurus dan gua yang kata pengunjung yang lain lebih mirip halte bus..candi pembakaran yang di renovasi dan candi putih yanng sudah tidak ada..

mungkin yang terlihat megah adalah pintu masuknya yang mewah dan gagah.riwayat candi ini masihsimpang siur..legenda meyatakan ini adalah kawasan kerajaan bandung bondowoso sedang yang lain menyatakan kerajaan ini dibangun pangeran dari dinasti mataram kuno..kerajaan ini sangat strategis..jogja dan klaten terlihat dari lokassi reruntuhan candi ini.lokasinya berada di atas bukit (perbukitan yangmemanjang sampai gunung kidul)

jalan-jalan pertama ke solo
* 1st goal naik kreta prameks..akhirnya kesampean dan tau jadwalnya seharian (sekarang dah lupa lagi..he3)

*tau jalur stasiun yg dilewati kretanya mulai dari tugu - lempuyangan - brambanan (g berhenti) -klaten (klo malem g berhenti) -purwosari -solo balapan - jebres -terakhir di palur

di solo jalan2 ke jurug, uns, sgm dan terakhir nonton. ketemu adek kelas (tetangga kosnya temenku) dan temenya. tettri , hafid dan keluarga, anin, ne2k dan teman..(reunian sama temen2 yg pernah ketemu di batam, jakarta dan bandung) di solo

sore pulang ke jogja dan lumayan bisa tidur pulas, bangun pagi lari2 di kampus uii terpadu jakal..lumayan menghirup O2 segar ..kemudian pergi kerumah kakek

naek bis di jombor..sayang sekali bis patas yg saya naiki berjalan sangat lambat sehingga ketika sampai di semarang sudah siang..trus mampir ke rumah temen di daerah mataraman (CMIIW -deket johar daerah MT haryono) dan di kasih nasi kebuli (maknyozzz... nilainya 9 ..bener2 enak, nasinya empuk dan gurih ditambah dagingnya)..bersama temenku ini melanjutkan perjalanan..

oh ya, nama temenku imad (kita dulu trio dari kelas 3 EL 03, satu lagi cong andri sdg di bandung)

dari semarang ke arah jepara trus lanjut ke arah pati dengan bis..ketika itu bis jurusan ke rumah mbahku dah abis,,..terpakssa kita naik ojek.dan dengan nego yg lumayan lancar kita mendapatkan angkutan sampai rumah embah (walaupun ada jalan kaki sedikit gara2 motornya macet kehabisan oli)..

tempat eyang ini di daerah pantura..masih daerah tapal kuda juga..daerahnya gak terlalu jauh dari pantai tetapi berada di kaki pegunungan muria..udaranya kalo siang panas dari angin laut bercampur kesejukan udara pegunungan..

masih tersisa hutan lindung dan perkebunan karet milik KPH pati dan hamparan hutan gundul berganti dengan tanaman tebu dan ketela diselingi pohon jati yang masih kecil.

kalau dulu aku berlibur masih teringat dalam kenangan pohon jati berusia ratusan tahun sebagai prasasti hidup kedatangan kaum kolonial ke negri kita. Sekarang pohon itu mungkin sudah berganti menjadi gebyok di rumah2 konglomerat di jakarta ato bahkan ruang tamu di eropa ato amerika sana..

satu hal lagi..dit4 ini susah sinyal..hanya provider yg merupakan anak perusahaan BUMN terbesar yg sahamnya dah jadi milik singapura ato malaysia yg leluasa mendapat sinyal..jadi keinget ketika temenku sms bahwa fs nya temenku kena hack aku baru dapet sms utuhnya 2 hari.

hari pertama perjalanan kita pergi ke air terjun di kaki gunung muria bernama songgo langit (jangan dibayangkan tinggi menjulang hingga bisa menyangga kaki langit..) tingginya sekitar 25-30 meter..sewaktu kami datang debit air yang mengalir begitu kecil..kami bersandar di batuan besar (batuan andesit / batuan beku ya..aku juga nggak ngerti ) ..ngobrol

ketika siang hari kami pergi ke benteng portugis..di daerah keling (pernah denger sejarah tentang kerajaan kalingga dan ratu shima yang bijak) daerah ini di perkirakan sebagai tempat berdirinya kerajaan tersebut..benteng ini terletak di perbukitan yang berada di tepi pantai (kata imad hal ini mengingatkan film " letter from iwojima" )

di pantai ini kita bisa menyebrang ke pulau mandalika (ingat KMP senopati yang tenggelam di perairan mandalika??) di pulau ini terdapat mercusuar untuk navigasi..setelah menikmati keindahan benteng dan ombak laut utara jawa kami memutuskan menyebrang ) kami bergegas ke kampung nelayan dan minta tolong di sebrangkan

aku gak bisa berenang dan menyebrang ke pulau dengan jarak 2mil dengan perahu nelayan bermotor diesel kecil..hal ini menakutkan dan masih terbawa ketika mo tidur. di pulau kita mendaki pulau ini (ketinggian sekitar 50-70 m dengan jalan terjal berliku ) sampai ke tempat mercusuar dan penjaga mercusuar..kita ngobrol dan disuguhi pepaya dan kacang..oleh petugasnya (pak denny) kita bisa nego untuk naik ke mercusuar buatan tahun 1886..namun karena aku takut ketinggian aku hanya naik 1 tingkat saja (5m) dari tinggi mercusuar yg kira2 10m.imad juga tidak berani naik ke atas..
kemudian kami pulang dan bersiap untuk petualangan selanjutnya

hari kedua kami pergi ke pantai kartini..pantai nya lebih indah dan juga lebih luas..kami menunggu menyebrang ke pulau panjang (dinamakan pulau panjang karena panjang pulau ini jauh lebih lebar dari lebarnya pulau ini..piye kuwi? )

kita ketinggalan perahu yang menyebrang pertama kali..alhasil 2 jam lebih kita menunggu..aku sempat pinjam pancing dari anak2 yang bermain disitu ..berkali2 aku gagal mendapatkan ikan..(mungkin tidak berbakat).

perahu yg kami tunggu akhirnya berangkat..setelah perahu berputar2 mengitari pulau perahu kemudian bersandar..sang nahkoda bilang klo mau main di pulau pulangnya ikut kapal berikutnya saja..namun kami mencium gelagat menunggu lama alih2 bisa di tinggal di pulau ini.

kami dan penumpang yang lain minta waktu 15menit..
aku dan temanku sejak tadi berencana mengitari pulau lewat pesisirnya..ternyata ada paving block yang mengitari pulau..kami berdua berlari (jarak keliling pulau ini sekitar 2 kilo) setelah selesai berlari kami pulang.. dipulau ini terdapat mercusuar juga setinggi 30 an meter.

sepulang dari pulau panjang kami pergi ke stadion kamal junaidi (home base nya persijap jepara ) melihat latihan tim persijap sebelum ujicoba dengan pss sleman

di hari ketiga kami berencana melihat sunrise di PLTU tanjung jati. tidak seperti hari2 sebelumnya.kami bangun pagi dan berangkat sesudah sholat subuh..namun cuaca tidak mendukung karena awan tebal dan hujan gerimis menyelimuti langit jepara

di t4 eyang ini ada 2 pembangkit listrik yaitu PLTU tanjung jati (operator medco ) dan rencanya akan dibangung PLTN kartini yang masih simpang siur.

sesudah sholat jumat kami pergi tanpa arah dan akhirnya melihat sunset (sebenarnya ketinggalan sunset ) di bandengan ..pantai dengan pasir putih (pantainya yang terindah dibanding pantai2 sebelumnya )

malam hari kami pulang dan bersiap untuk pulang..

aku dan imad berpisah di daerah kaligawe sebelum masuk terminal terboyo)

perjalanan ketiga ku yaitu ke solo..di ajak teman..tanpa tujuan.kita berempat..di solo kita minum es teh di sgm trus ke paassar klewer..kita berempat berencana makan tengkleng di dekat klewer yg katanya maknyoozz ato nyari timlo sastro tapi kejauhan..jadilah kita berjalan kaki mencari srabi notosuman..dan dari tempat ini kita pulang ke jogja

inilah akhir liburan selama 1 minggu lebih..
febri thx to
-Allah swt yg memberikan keselamatan dalam perjalanan.
-ditdut,imad,tettri,hapid&keluarga,ne2k&teman,anin, imad, lee, ganis, rohmad, supri.
-semua yang telah membantu dalam perjalanan..penjaga loket stasiun..penjaga mercusuar..yg punya perahu..penunjuk jalan dll
-minta maaf bwt 7ab5e571e07ed8f5da9eeeb756a94e33

*inspirasi yang datang
pencarian (shramana) dalam episode candi, pertalian dalam episode solo I, penjelajahan dalam episode t4 eyang, mawas diri dalam episode solo II (thanks to ibu yg lagi duduk di jalan gatot subroto (kalo nggak salah ya))dengan melihat luasnya dunia maka kita harus semakin sadar betapa agung sang pencipta..matur nuwun.

sampai jumpa di episode selanjutnya ...
"tetep sehat tetep jalan-jalan dan tetep makan2"